facebook twitter instagram pinterest bloglovin Email

Halaman

  • Beranda
  • Rubber Fender
  • Rubber Bumper Gudang
  • Elastomeric Bearing Pad
  • Katalog Rubber Fender V
  • Bollard Dermaga
  • HUBUNGI

Rubber Fender Rubber Bumper Elastomeric Bearing Pad

Produk Rubber Fender atau Karet Fender dermaga, Frontal Frame, Rubber Bumper Gudang loading dock, Karet Elastomeric Bearing Pad Jembatan 081233069330

Karet Fender V

Karet fender V adalah jenis karet yang paling banyak digunkan di dermaga di Indonesia dikarenakan bentuk nya yang sederhana dan lagi penggantian dan pemasangannya sangat mudah.menyerupai huruf V karet fender tersebut memiliki berbagai macam ukuran dari ukuran terkecil yaitu V 150 sampai dengan V 1000 dengan panjang yang berbeda.


karet fender V, jual fender V, fender dermaga V, harga fender V
Karet Fender V 150

karet fender V, jual fender V, fender dermaga V, harga fender V, fender V surabaya, fender V jakarta
Karet Fender V 200

karet fender V, jual fender V, fender dermaga V, harga fender V, fender V surabaya, fender V jakarta
Karet Fender V 250

karet fender V, jual fender V, fender dermaga V, harga fender V, fender V surabaya, fender V jakarta
Karet Fender V 300 

karet fender V, jual fender V, fender dermaga V, harga fender V, fender V surabaya, fender V jakarta
Karet Fender V 400

karet fender V, jual fender V, fender dermaga V, harga fender V, fender V surabaya, fender V jakarta
Karet Fender V 500
karet fender V, jual fender V, fender dermaga V, harga fender V, fender V surabaya, fender V jakarta
Karet Fender V 600

karet fender V, jual fender V, fender dermaga V, harga fender V, fender V surabaya, fender V jakarta
Karet Fender V 800

karet fender V, jual fender V, fender dermaga V, harga fender V, fender V surabaya, fender V jakarta
Karet Fender V 1000

Spesifikasi lengkap karet fender V KLIK SINI 
Share
Tweet
Pin
Share
No komentar

Dermaga

Dermaga adalah tempat kapal ditambatkan di pelabuhan. Pada dermaga dilakukan berbagai kegiatan bongkar muat barang dan orang dari dan ke atas kapal. Di dermaga juga dilakukan kegiatan untuk mengisi bahan bakar untuk kapal, airminum, air bersih, saluran untuk air kotor/limbah yang akan diproses lebih lanjut di pelabuhan.
Dermaga
JENIS DERMAGA
2.1 Dermaga barang umum, adalah dermaga yang diperuntukkan untuk bongkar muat barang umum/general cargo ke atas kapal.
2.2 Dermagapeti kemas, dermaga yang khususdiperuntukkan untuk bongkar muat peti kemas. Bongkarmuat peti kemas biasanya menggunakan kran (crane)
2.3 Dermaga curah, adalah dermaga yang kusus digunakan untuk bongkar muat barang curah yang biasanya menggunakan ban berjalan (conveyor belt)
2.4 Dermaga khusus, adalah dermaga yang khusus digunakan untuk mengangkut barang khusus, seperti bahan bakar minyak, bahan bakar gas dan lain sebagainya.
2.5 Dermaga marina, adalah dermaga yang digunakan untuk kapal pesiar, speedboat.
2.6 Dermaga kapal ikan, adalah dermaga yang digunakan oleh kapal ikan.


Berikut Foto - Foto Dermaga




Share
Tweet
Pin
Share
No komentar

Jenis - Jenis Karet

Karet tidak jenuh yang dapat diperbaiki oleh belerang (proses vulkanisasi):
1.      Karet Alam (Natural Rubber / NR)
·        Bentuk Cair : Latex Concentrate, dan Jenis Khusus (cairan)
·        Bentuk Padat / Kering : Karet Sheet,Karet Crepe, Karet TSR (Technically Specified Rubber ) dan Jenis Khusus (padat)

2.      Karet Sintetis (Synthetic Rubber / SR)
·         Styrene-butadiene Rubber (copolymer of polystyrene and polybutadiene, SBR).  Merupakan karet sintetis dominan untuk pembuatan ban . Selain itu juga dapat digunakan untuk membuat barang-barang lain seperti sol sepatu, matras karet, rem, van belt, gasket, mainan anak2,  kabel, jaket, barang2 farmasi  dll.
·         Nitrile Rubber (copolymer of polybutadiene and acrylonitrile, NBR), also called Buna N rubbers . Memiliki resisten tinggi terhadap minyak, gemuk, dan bahan – bahan kimia lainnya dan dapat tahan terhadap temperatur -40oC s/d 120oC. . Dapat digunakan untuk   sepatu, lem, seal, sponge, sabuk mobil, matras, dll.
·         Polybutadiene (BR) , merupakan karet sintetis yang kuat untuk pembuatan side wall dan thread pada ban, umumnya dicampur dengan karet adalm atau karet SBR untuk membentuk compound pembuatan thread ban. 
·         Synthetic Polyisoprene (IR) , memiliki kekuatan yang lemah dibanding BR dan SBR, baik digunakan untuk proses pencampuran, ekstrusi, pencetakan, dan calendering. Umumnya digunakan untuk membuat alat-alat olahraga, gasket, shock motor, hoses, sepatu dan dot baby. 
·         Butyl rubber (copolymer of isobutylene and isoprene, IIR), merupakan karet sintetis yang tahan terhadap ozon, panas, bahan kimia, dan anti tembus udara ataupun gas dan cairan. Sangat baik digunakan untuk pembuatan ban khususnya untuk inner liner ban , ban conveyor,lem, alat-alat industri lainnya.  
·         Chloroprene Rubber (CR), polychloroprene, Neoprene, Baypren etc. Merupakan elastomer yang dapat digunakan untuk segala tujuan karena memiliki sifat anti ozon, anti matahari dan oksidasi, tahan air dan bahan kimia dan memiliki sifat kekuatan tensil yanginggi.
·         Halogenated butyl rubbers (Chloro Butyl Rubber: CIIR; Bromo Butyl Rubber: BIIR) 
·         Hydrogenated Nitrile Rubbers (HNBR) Therban and Zetpol .
Karet Synthetic Rubber yang jenuh yang tidak dapat divulkanisasi adalah sbb:
·         EPM (ethylene propylene rubber, a copolymer of ethylene andpropylene) and EPDM rubber (ethylene propylene diene rubber, a terpolymer of ethylene, propylene and a diene-component). Merupakan karet sintetis multi fungsi untuk pembuatan tabung, hose, tali pinggang, kabel, dll.
·         Epichlorohydrin rubber (ECO) 
·         Polysulphide Rubber (T), diperkenalkan pada tahun 1931 sebagai karet tahan minyak dan pelumas, sehingga baik digunakan untuk pembuatan selang karet (hose)  selang untuk spray. Dapat juga digunakan sebagai segel tangki bahan bakar pesawat.
·         Polyacrylic rubber (ACM, ABR) , merupakan karet khusus pertama yang tahan terhadap minyak panas dan pelumas agresif. Kegunaan utamanya adalam untuk industri otomotof membuat O-ring, oil seal dan gasket.  Selain itu juga untuk pelapis bahan tekstil, finishing pembuatan kertas dan kulit.
·         Silicone rubber (SI, Q, VMQ) , karet silikon berbedan dengan elastomer sintetik lainnya terutama  karena karet ini tidak mengandung  unsur karbon organik melainkan terdiri dari molekul atom silikon dan oksigen. Sifat fisiknya adalah kurang baik pada suhu ruangan, namun lebih tahan suhu dibanding dengan karet hydrocarbonlainnya. Memiliki sifat elektrik yang baik, tahan terhadap cuaca,dan ozon dan konsisten terhadap warna. Digunakan untuk industri pesawat terbang dan industri canggih lainnya karena ia dapat tahan pada suhu -100oC s/d 200oC lebih, selain itu juga digunakan untuk pembuatan conveyor makanana, dan farmasi, serta barang-barang operasi dan tabung transfusi darah, klep jantung buatan, mesin pencuci ginjal dan  pelapis kabel serta seal.
·         Fluorosilicone Rubber (CFM) , merupakan elastomer yang paling mahal dipasaran. Fungsinya adalah untuk membuat oil seal dan selang karet (hose) yang tahan terhadap pelumas dan cairan hidrolik pada temperatur tinggi diatas 200 oC sehingga banyak digunakan untuk industri pesawat terbang. Memiliki karakteristik elektrik yang baik dan tidakmenyerap air.
·         Fluoroelastomers (FKM, and FEPM) Viton, Tecnoflon, Fluorel, Aflasand Dai-El 
·         Perfluoroelastomers (FFKM) Tecnoflon PFR, Kalrez, Chemraz, Perlast 
·         Polyether Block Amides (PEBA) 
·         Chlorosulfonated Polyethylene (CSM), (Hypalon), memiliki  sifat khusus yaitu tahan terhadap oksidasi, sinar ultra violet, cuaca, ozon, zat asam dan bahan kimia lainnya. Umumnya digunakan untuk melapisi selang karet dan bahan-bahan pelapis elastik dan anti korosif untuk penerapan di luar ruangan.
·         Ethylene-vinyl Acetate (EVA) , merupakan copolymer antara ethylene dan vinyl acetate, yang dapat disilangkan dengan peroxide. Bahan ini resisten terhadap cuaca, oksige, ozon, panas dan digunakan terutama untuk pembuatan pembungkus kabel antipanas, oil seal dan bahan tekstil.
Share
Tweet
Pin
Share
No komentar

Perancangan Fender

Kapal yang merapat ke dermaga masih mempunyai kecepatan baik yang digerakkan oleh mesinnya sendiri atau ditarik oleh kapal tunda. Pada waktu kapal merapat akan terjadi benturan antara kapal dengan dermaga, untuk menghindari kerusakan pada kapal dan dermaga karena benturan maka di depan dermaga diberi bantalan yang berfungsi sebagai penyerap energi benturan. Bantalan yang diletakkan di depan dermaga tersebut dinamakan rubber fender.
Pada waktu kapal melakukan bongkar muat, maka kapal harus tetap berada pada tempatnya dengan tenang, untuk itu kapal diikat dengan penambat. Alat penambat harus mampu manahan gaya tarik yang ditimbulkan oleh kapal.
  1. Fender

Fender berfungsi sebagai bantalan yang ditempatkan di depan dermaga. Fender akan menyerap energi benturan antara kapal dan dermaga.
Ada beberapa tipe fender, yaitu :
  1. Fender kayu

Fender kayu bisa berupa batang-batang kayu yang dipasang horisontal atau vertikal. Fender kayu ini mempunyai sifat untuk menyerap energi.
Fender tiang pancang kayu yang ditempatkan di depan dermaga dengan kemiringan 1 H : 24 V akan menyerap energi karena defleksi yang terjadi pada waktu dibentur kapal.
Penyerapan energi tidak hanya tidak hanya diperoleh dari defleksi tiang kayu, tetapi juga dari balok kayu memanjang. Tiang kayu dipasang pada setiap seperempat bentang.
  1. Fender karet

Karet banyak digunakan sebagai fender, bentuk paling sederhana dari fender ini berupa ban-ban luar mobil untuk kapal kecil yang dipasang pada sisi depan di sepanjang dermaga.
Fender karet mempunyai bentuk berbeda seperti fender tabung silinder dan segiempat, blok karet berbentuk segiempat dan fender Raykin.
  1. Fender gravitasi

Fender ini terbuat dari tabung baja yang diisi dengan beton dan sisi depannya diberi pelindung kayu dengan berat sampai 15 ton. Apabila terbentur kapal maka fender tersebut akan bergerak ke belakang dan ke atas, sedemikian sehingga kapal dapat dikurangi kecepatannya, karena untuk menggerakan ke belakang diperlukan tenaga yang besar. Prinsip kerja fender gravitasi adalah mengubah energi kinetik menjadi energi potensial.

Perencanaan Fender

  1. Dalam perencanaan fender dianggap bahwa kapal bermuatan penuh dan merapat dengan sudut 100 terhadap sisi depan dermaga.
  2. Energi yang diserap oleh sistem fender dan dermaga biasanya 0,5E. Setengah energi yang lain diserap oleh kapal dan air, tahanan naik dari nol sampai maksimum dan kerja yang dilakukan :
K = F d



Benturan kapal pada dermaga


E = F d
V2 = F d
F = V2

Dengan :
F : gaya bentur yang diserap sistem fender
d : defleksi fender
V : komponen kecepatan dalam arah tegak lurus sisi dermaga
W : bobot kapal bermuatan penuh
Persamaan berikut adalah untuk menentukan jarak maksimum antar fender.
L = 2
dengan : L : jarak maksimum antar fender (m)
r : jari-jari kelengkungan sisi haluan kapal (m)
h : tinggi fender
Hitungan Fender Kayu
Diketahui :
W = 50000 DWT
Parameter kapal barang tersebut adalah
Loa = 216 m , B = 31,5 m , d = 12,4 m




Energi benturan
E = Cm Ce Cs Cc  dengan Cs = 1 dan Cc =1
Cb =
= = 0,616
Cm = 1 +

= 1 + = 2,004
Share
Tweet
Pin
Share
No komentar

Dapra Kapal - Dermaga

Dapra (dapra kapal) adalah bantalan karet fender yang dipasang pada lambung kapal atau perahu untuk menjaga supaya kapal tidak berbenturan langsung dengan dinding dermaga atau antar kapal saat sandar di dermaga.dengan adanya dapra / dampra kapal akan mengurangi gesekan material logam kapal dan beton,sehingga kerusakaan pada kapal bisa dicegah.
karet kapal tug boat



Dapra kapal yang umum adalah ban karet truck bekas dipasang pada sisi kapal,ban bekas tersebut memang sangat murah namun estetika dari bentuk kapal menjadi berkurang.Gada Bina Usaha memproduksi dapra kapal untuk kapal tug boat, lct, kapal patroli, speed boat sesuai pesanan antara lain :

Dapra Kapal Model D

dapra kapal model D dengan berbagai ukuran disesuaikan dengan besaran kapal bisa solid atau d dengan rongga seperti foto dibawah ini 



Dapra Kapal Model W 

Dapra W
Dapra Kapal Model W

Dapra Kapal Model Cylinder (Hollow)




Dapra Cylinder Hollow
Dapra Kapal Model Cylinder
selain itu kami memproduksi fender dermaga dengan berbagai macam tipe fender KLIK SINI produk karet jembatan,karet dilatasi dan frontal frame untuk breasthing dolphin.dengan pengalaman dari tahun 2010 kami telah memproduksi berbagai macam karet untuk kapal dan dermaga.PRODUK - Karet Konstuksi - Gada Bina Usaha 081233069330

rubber bumper gudang / karet bumper loading dock,karet expansion joint / karet dilatasi

karet dapra kapal, karet graving dock ,landasan karet strip jembatan, rubber fender dermaga /karet fender dermaga

dengan segala model bentuk dan ukuran kami dapat memproduksi kebutuhan karet konstruksi  jembatan, dermaga, bangunan di Indonesia.spesifikasi dan kebutuhan dapat hubungi kami :

CV.Gada Bina Usaha – Andreas – Fast Respon WA

https://wa.me/6281233069330

Dengan Workshop Pabrik yang jelas bisa disurvey klik – Peta Workshop Gaada Bina Usaha

Produk rubber fender dermaga, karet elastomer jembatan, karet bumper loading dock, karet dapra kapal, bollard, karet expansion joint web lengkap : https://karetkonstruksi.co.id/


Share
Tweet
Pin
Share
No komentar

SNI VULKANISAT KARET KOMPON BANTALAN DERMAGA








:[berlaku] SNI 06-3568-2006
:Vulkanisat karet kompon bantalan dermaga


:Standar ini menetapkan persyaratan mutu dan cara pengujian vulkanisat karet kompon bantalan dermaga baik yang diproduksi dari karet alam maupun karet sintetis atau campuran keduanya.
:1. 83.060 Karet 
:90/KEP/BSN/04/2006
:17-04-2006 [dd-mm-yyyy]
: 1. SNI 06-3568-1994 Karet bantalan dermaga 
: 1. ISO 37:1996, Rubber, vulcanized or thermoplastic-Determination of tensile stress-strain properties
: 1. 4016.94.00.00 --Penahan kapal atau penahan dermaga, dapat dipompa maupun tidak
:14
Share
Tweet
Pin
Share
No komentar

SNI BANTALAN ELASTOMER

Detail SNI Bantalan Elastomer JembatanNomor SNI : [berlaku] SNI 3967:2008    










Judul :
Spesifikasi bantalan elastomer tipe polos dan tipe berlapis untuk perletakan jembatan 

Abstraksi :
Standar ini meliputi persyaratan bahan bantalan elastomer tipe polos dan tipe berlapis untuk perletakan jembatan. Bantalan elastomer yang dibuat berdasarkan spesifikasi ini harus memiliki kemampuan yang cukup terhadap pemuaian dan kontraksi akibat temperatur, rotasi, perubahan kemiringan (chamber changes), serta rangkak dan susut yang terjadi pada elemen struktur. Pengujian yang terdapat dalam standar ini adalah pengujian bantalan elastomer untuk jembatan yang meliputi pengujian beban berlebih (1,5 x beban rencana), regangan tekan pada beban rencana maksimum, pengujian tekan dengan benda uji dimiringkan untuk modulus geser, dan pengujian kekakuan tekan. 

Panitia Teknis : 91-01-S2  Rekayasa Jalan Jembatan 

ICS : 
  1. 93.040 Konstruksi jembatan 
  2. 93.080 Rekayasa jalan 

SK Penetapan : 110/KEP/BSN/12/2008 Tanggal Penetapan : 12-12-2008 [dd-mm-yyyy] 


SNI INI MEREVISI : 
  1. SNI 03-4801-1998 Metode pengujian bantalan karet untuk peletakan jembatan
  2. SNI 03-3967-2002 Spesifikasi perletakan elastomer jembatan tipe polos dan tipe laminasi SNI 3967:2008
Share
Tweet
Pin
Share
No komentar
Newer Posts
Older Posts

Follow Us

  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • Google+
  • pinterest
  • youtube

Categories

recent posts

Sponsor

Blog Archive

  • Juni 2025 (1)
  • Mei 2025 (1)
  • Februari 2025 (2)
  • Januari 2025 (1)
  • Oktober 2024 (1)
  • Agustus 2024 (1)
  • Juli 2024 (1)
  • Maret 2024 (2)
  • Februari 2024 (1)
  • Desember 2023 (2)
  • Oktober 2023 (1)
  • September 2023 (1)
  • Agustus 2023 (1)
  • Juli 2023 (1)
  • Juni 2023 (1)
  • April 2023 (2)
  • Maret 2023 (2)
  • Januari 2023 (1)
  • Desember 2022 (1)
  • Oktober 2022 (2)
  • September 2022 (1)
  • Agustus 2022 (1)
  • Juli 2022 (3)
  • Juni 2022 (2)
  • April 2022 (4)
  • Maret 2022 (1)
  • Februari 2022 (1)
  • Juni 2021 (1)
  • Mei 2021 (1)
  • April 2021 (1)
  • Januari 2019 (1)
  • Oktober 2018 (1)
  • April 2015 (1)
  • Juli 2014 (1)
  • Juni 2014 (2)
  • Mei 2014 (6)

Popular Posts

  • Dapra Kapal
    Dapra Kapal - Dermaga Dapra (dapra kapal)  adalah bantalan karet   fender yang dipasang pada lambung kapal atau perahu untuk menjaga supa...
  • SNI VULKANISAT KARET KOMPON BANTALAN DERMAGA
    SNI VULKANISAT KARET KOMPON BANTALAN DERMAGA   Nomor SNI :   SNI 06-3568-2006  Judul : Vulkanisat karet kompon bantalan derma...
  • SNI BANTALAN ELASTOMER
    SNI BANTALAN ELASTOMER Detail SNI Bantalan Elastomer Jembatan Nomor SNI :    SNI 3967:2008     Judul : Spesifikasi bantalan elastome...
  • Perancangan Fender
    Perancangan Fender Kapal yang merapat ke dermaga masih mempunyai kecepatan baik yang digerakkan oleh mesinnya sendiri atau ditarik oleh kap...
  • Jenis Karet
    Jenis - Jenis Karet Karet tidak jenuh yang dapat diperbaiki oleh belerang (proses vulkanisasi): 1.        Karet Alam (Natural Rubber / ...
  • Produk Rubber Fender (Karet Fender)
    Produk Rubber Fender (Karet Fender) Produk karet fender / rubber fender / dock fender untuk perlindungan di Dermaga,Kapal,Galangan,ware h...
  • Jual Rubber Fender 081233069330
    Rubber Fender 081233069330  Produk Rubber Fender Dermaga   081233069330 digunakan dalam konstruksi dermaga dan pelabuhan,sebagai pelindun...
  • Karet Fender Cell Dermaga
    Karet Fender Cell Dermaga Karet Fender Cell ( Fender SUC)  salah satu model karet fender yang memiliki high energy absorption dan low ene...
  • Produk Elastomeric Bearing Pad
    Elastomeric Bearing Pads (Elastomer Karet) Elastomer Bearing Pads (Elastomer Perletakan Jembatan,Bantalan Karet Jembatan) digunakan secara e...
  • Dermaga
    Dermaga Dermaga adalah tempat kapal ditambatkan di pelabuhan. Pada dermaga dilakukan berbagai kegiatan bongkar muat barang dan orang dari ...

Created with by ThemeXpose